Studi Analisis Kebijakan Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar
Penulis : Dr. Esti Setiawati, M.Pd. Universitas PGRI Yogyakarta, Jl. PGRI I Sonosewu No. 117 Yogyakarta
Studi analisis kebijakan inibertujuan untuk mendeskripsikan seberapa jauh implementasiStandar Pelayanan Minimal (SPM)Pendidikan Dasar telah berjalan sesuai dengan amanat peraturan pemerintah dan merumuskan strategi-strategi yang bisa ditempuh oleh pemerintah daerah dan satuan pendidikan dalam rangka menuntaskan seluruh capaian indikator SPM Pendidikan Dasar.
Metode analisis yang digunakan adalah studi analisis dokumenter dengan teknik deskriptif. Metode analisis ini mendeskripsikan tentang kebijakan implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar baik yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah maupun satuan pendidikan.
Hasil analisismenunjukkan bahwa : 1) implementasi SPM Pendidikan Dasar wajib dilaksanakan di seluruh SD/MI dan SMP/MTs; 2) terdapat 27 indikator pencapaian SPM Pendidikan Dasar yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan satuan pendidikan; 3) target capaian seluruh indikator SPM Pendidikan Dasartelah diamanatkan oleh pemerintah pada akhir tahun 2014; 3) dalam kurun waktu dua tahun pemerintah memberikan dana hibah untuk pengembangan kapasitas SPM dalam rangka pencapaian SPM Pendidikan Dasar secara bertahap.
04-studi analisis
Komentar Terbaru