MENINGKATKAN KETERAMPILAN WRITING SISWA KELAS VIII MELALUI ENGLISH BULLETIN
Dalam kurikulum 2004 SMP (Sekolah Menengah Pertama), mata pelajaran bahasa Inggris mengalami pengembangan silabus yaitu Silabus Berbasis Kompetensi. Kurikulum 2004 menerapkan standard kompetensi mata pelajaran bahasa Inggris. Standar kompetensi berbahasa Inggris adalah seperangkat kemampuan menggunakan bahasa untuk berinteraksi dalam konteks yang berbeda–beda untuk mencapai tujuan komunikasi. Namun Standar Kompetensi setiap kelas (kelas 7, 8 dan 9) berbeda. Sebagai contoh pada tabel
I. Dalam tabel standard kompetensi diatas terlihat bahwa ada perbedaan penekanan standard kompetensi di tiap–tiap kelas. Setelah kita mengetahui standard kompetensi tiap kelas, kemudian kita harus merinci atau menentukan kompetensi dasar. Yang dimaksud kompetensi dasar adalah pengetahuan, ketrampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai oleh siswa
untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditentukan. Jadi suatu kompetensi dasar harus menginduk pada standar kompetensi tertentu.
Di dalam kurikulum 2004 tersebut, kompetensi berbahasa Inggris untuk SMP (Sekolah Menengah Pertama) terdiri atas 5 kompetensi yaitu (1) kompetensi wacana /discourse competence, (2) kompetensi tindak bahasa/actional competence, (3) kompetensi linguistic/linguistic competence, (4)kompetensi sosiokultural/ sociocultural competence dan (5) kompetensi strategis/strategic competence. Untuk kompetensi tindak bahasa (actional competence) sebagai satusatunya kompetensi yang dilengkapi dengan indikator dan dinyatakan dalam 4 bentuk ketrampilan berbahasa yaitu : Listening, Speaking, Reading dan Writing. 2. KHUSUS Selama ini proses pembelajaran cenderung hanya mengikuti pola- pola atau materi yang ada dalam buku paket/LKS ( Lembar Kerja Siswa ). Dan untuk ketrampilan menulis hanya diberikan secara sederhana,kurang menggali ketrampilan dan kemampuan siswa yang sebenarnya. Jika siswa diberikan kebebasan dalam mengekpresikan dalam bentuk tulisan, mereka dapat menghasilkan tulisan yang lebih berani dan baik. Sebab siswa bisa mempersiapkan kata–kata atau kalimat lebih dahulu. Ini berbeda dengan ketrampilan yang sifatnya lebih langsung seperti listening dan speaking.
Komentar Terbaru