PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT
Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan. Pemerintah telah berupaya melakukan
peningkatan mutu pendidikan melalui berbagai macam penataran, pelatihan bahkan diadakan lesson study bagi pelajaran IPA, Matematika dan bahasa Inggris. Dengan diadakan lesson study, hasil belajar Matematika semestinya meningkat.
Akan tetapi kenyataannya hasil belajar Matematika dari tahun ke tahun masih rendah, belum bisa menunjukkan peningkatan yang berarti. Hal ini dimungkinkan karena guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah secara klasikal dan siswa hanya mendengarkan. Guru tidak memberi kesempatan pada siswa untuk bebas berpikir,
mengeluarkan pendapat, gagasan sehingga siswa tidak tertantang untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan siswa menjadi tidak kreatif dalam berpendapat. Diskusi di kelas jarang dilakukan oleh guru sehingga interaksi dan komunikasi antar siswa dengan siswa atau interaksi siswa dengan guru kurang dilakukan.Guru tidak memberikan pada siswa untuk bereksplosari dan mengembangkan ide-ide, gagasan mengenai pemecahan satu masalah Matematika. Permasalahan ini timbul karena diduga guru kurang tepat dalam memilih alternatif pembelajaran, Supaya hasil belajar Matematika meningkat, guru harus bisa menciptakan kondisi siswa agar dapat belajar secara aktif, guru harus mau mengubah metode pembelajaran dari metode ceramah klasikal ke metode pembalajaran lain yang bisa meningkatkan hasil belajar Matematika sesuai dengan tujuan yang diharapkan, metode pembelajaran yang mampu menjadikan situasi proses belajar mengajar di sekolah sebagai kegiatan yang lebih mengaktifkan siswa. Pemilihan model pembelajaran dapat dilakukan melalui kerjasama yang aktif dan kreatif antara guru dengan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan
adalah model pembelajaran yang aktif dan humanis, partisipatif dan memperhatikan keragaman siswa dalam proses belajar mengajar (Zaini, 2007: xvi) Berdasarkan latar belakang masalah serta luasnya masalah yang ditemukan, penelitian
ini dibatasi pada masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika, dan kurang optimalnya pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui model Teams Games Tournament (TGT).
Komentar Terbaru