Pengembangan Model Evaluasi Implementasi Program RSBI di SMA Berbasis Kondisi Sekolah

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting bagi tumbuhnya peradaban manusia di manapun berada. Pendidikan sebuah bangsa akan menentukan apakah bangsa dan negara tersebut menjadi sebuah negara yang maju atau justru tertinggal dalam segala bidang. Indonesia sebagai
negara berkembang telah menempatkan pendidikan sebagai perhatian utama, sehingga berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk terus berusaha
memajukan pendidikan walaupun hasil yang dicapai belum maksimal. Dewasa ini pendidikan mempunyai kedudukan yang semakin strategis dan
memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Melalui pendidikan, human investment dapat dilakukan untuk memajukan suatu bangsa dalam berbagai aspek kehidupan. Demi kemajuan suatu bangsa tersebut, maka pendidikan sekarang tidak lagi dilakukan secara tradisional-konservatif tetapi
secara progresif dengan mengembangkan peserta didik secara optimal sesuai dengan potensinya. Kebijakan peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan program RSBI di SMA tersebut dituangkan dalam sepuluh komponen pokok bidang garapan RSBI antara lain yaitu:
(1) Akreditasi;
(2) Pengembangan Kurikulum (KTSP);
(3) Proses pembelajaran;
(4) Peningkatan mutu penilaian;
(5) Peningkatan mutu kompetensi lulusan;
(6) Peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan;
(7) Sarana dan prasarana pendidikan;
(8) Pengelolaan;
(9) Pembiayaan; dan
(10) Kesiswaan (Depdiknas, 2009: 18). Adapun tujuan pokok progam RSBI diarahkan pada tujuan khusus pengembangan yaitu meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dalam menyiapkan lulusan SMA yang memiliki kompetensi yang memenuhi standar kompetensi lulusan berdaya saing pada taraf internasional (Depdiknas, 2009: 6). Berkaitan dengan hal tersebut untuk mengetahui keberhasilan implementasi program RSBI secara mendetail pada masing-masing sekolah diperlukan suatu model evaluasi dan instrumen pengukuran yang sederhana dan mudah dipahami oleh evaluator yang ada di sekolah. Jika model evaluasi dapat ditentukan dan instrumen dapat disusun, maka tingkat keberhasilan implementasi program RSBI masing-masing sekolah dapat diukur dan dievaluasi. Hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan dasar untuk perbaikan dan peningkatan kualitas implementasi program RSBI secara berkesinambungan.
02_jrd_0814_Pengembangan_Model_Evaluasi_Implementasi_Program_RSBI_Di_SMA
Komentar Terbaru