ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN UNTUK SEGMENTASI PASAR UMKM BATIK WIJIREJO PANDAK BANTUL

Diakuinya batik sebagai warisan dunia mengakibatkan meningkatkan pamor dan citra batik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini mengakibatkan bergeliatnya kembali usaha batik, termasuk juga UMKM batik di daerah Wijirejo, Pandak, Bantul.
Ketatnya persaingan pasar batik harus disiasati dengan melakukan banyak inovasi model dan memantau perkembangan selera masyarakat. Perubahan model dalam industri kain mutlak dilakukan. Karena sesuai trend di masyarakat, sebuah model batik tidak akan bertahan lama.
Sebelum melakukan pendekatan pemasaran lainnya, pasar atau segmen yang dibidik harus jelas lebih dahulu. Salah satu penyebab dari kegagalan bisnis yang terjadi adalah gagalnya pengusaha mendefinisikan pasar yang dituju. Untuk itu perusahaan harus mampu menerapkan segmentasi pasar yang tepat sasaran. Karena dengan adanya sementasi pasar maka perusahaan dapat memusatkan perhatiannya sesuai dengan segmen-segmen yang dituju.
Penelitian ini menghasilkan instrument penangkapan fakta mengenai segmentasi pasar untuk usaha batik UMKM di daerah Wijirejo, Pandak, Bantul. Pengujian instrument dilakukan dengan metode Pearson Product Moment dan Cronbach Alfa.
Komentar Terbaru